Top Social Icons

Saturday 24 June 2023

COMODO MAPALA FEB UPR MELAKSANAKAN PEMBEKALAN PENGGUNAAN PERAHU KARET BERSAMA BASARNAS SEBAGAI BENTUK PERSIAPAN KEGIATAN EKSPEDISI KAHAYAN II

Comodo Mapala Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya, sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di dalam lingkungan Universitas Palangka Raya (UPR) yang bergerak dalam petualangan alam bebas dan lingkungan hidup berinisiatif untuk melakukan Ekspedisi Kahayan II sebagai upaya mengatasi fenomena – fenomena yang terjadi sepanjang Daerah Aliran Sungai Kahayan. Kegiatan ini akan dilakukan dengan mengarungi DAS Kahayan sejauh 220 km mulai dari Jembatan Kahayan, Kota Palangka Raya sampai dengan Desa Bahaur Hilir, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau menggunakan perahu sebagai upaya melakukan kegiatan pengarungan sungai.


Dalam rangka mempersiapkan kegiatan Ekspedisi Kahayan II, Comodo Mapala FEB UPR melaksanakan beberapa pelatihan – pelatihan guna mempersiapkan Peserta Ekspedisi yang akan melakukan pengarungan pada kegiatan ekspedisi tersebut. Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu, pelatihan penggunaan Perahu karet berjenis Landing Craft Rubber Boat (LCR), serta latihan prosedur keamanan saat melaksanakan kegiatan di sungai bersama Badan Sar Nasional Kalimantan Tengah (BASARNAS KAL-TENG) yang dilaksanakan di bawah jembatan Kahayan, Palangka Raya, Sabtu, 24 Juni 2023 Pukul 13.00 – 16.30. 


BASARNAS Kalimantan Tengah, mengerahkan 4 Anggota mereka  sebagai pemateri yaitu, Andy, Angga, Anton dan Toni sebagai pelatih Penggunaan Perahu karet berjenis LCR kepada Peserta Ekspedisi Kahayan II serta beberapa Anggota Comodo Mapala FEB UPR lainnya dengan total peserta latihan sebanyak 12 orang. Materi yang disampaikan oleh para pemateri antara lain, mengenai Tata cara mengoperasikan perahu karet berjenis LCR, bagian – bagian perahu seperti bagian atas bagian bawah perahu serta mesin yang digunakan pada perahu tersebut, serta prosedur keselamatan bagi pengguna perahu pada saat melakukan pengarungan. “Materi pembekalan ini sangat bermanfaat karena kegiatan Ekspedisi Kahayan II dimana rencanannya akan dilakukan dengan menggunakan perahu karet, dan momen ini merupakan bentuk kerja sama dan partisipasi dari Comodo Mapala dan BASARNAS untuk membersamai kegiatan tersebut”. Menurut Cristian David selaku ketua satgas ekspedisi kahayan II.


Setelah melaksanakan kegiatan pelatihan penggunaan perahu karet dan prosedur keselamatan, harapannya peserta Ekspedisi Kahayan II siap dalam pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan pada Agustus tersebut.

No comments:
Write comments